Friday 9 December 2016

TIPS MEMILIH SMARTPHONE GAMING


salam bloggers
ketemu lagi di blog yang super keren ini , kali ini ane akan share tips untuk memilih smartphone untuk keperluan gaming , oke langsung saja ya , berhubung tsnya lagi buru buru wkwkkw ( buru buru kok ngepost he he ) ...

1. layar


dahulu ane kira layar yang memiliki definisi tinggi akan lebih bagus digunakan buat gaming , ternyata harapan tidak sebanding dengan realita , faktanya banyak game ane yang berjalan tidak mulus di resolusi yang besar ( quad hd dan full hd ) ini karena resolusi yang besar akan memberatkan kinerja prosessor untuk mengolah gambar. jadi untuk kebutuhan gaming carilah smartphone dengan layar yang resolusi menengah yaitu 720p hd ( 720 x 1280 ) di bentangan 5 inchi. ini akan meringankan kinerja prosessor tanpa terlalu mengorbankan kualitas tampilan.

2. prosessor dan chip gpu  ( graphics prosessing unit )


dua komponen ini adalah inti dari semua operasional smartphone yang berkaitan dengan graphis , untuk prosessor minimal carilah yang sudah mempunyai 4 inti ( quadcore ) semakin banyak semakin bagus , pun demikian dengan gpu , carilah yang mempunyai banyak inti dan yang seri terakhir dari setiap pabrikan , sepengalaman ane bermain game dengan smartphone entah kenapa ane lebih sreg dengan gpu dari arm mali , kalau snapdragon menurut ane lebih cepat panas aja hhnya .

3. ram ( random access memory )


untuk keperluan gaming yang lancar jaya sebaiknya cari smartphone yang memilik ram minimal 2 gb , sehingga akan mempercepat loading game terutama buat game kelas berat yang memiliki kualitas graphic yang mumpuni. semakin besar ram akan semakin sedikit waktu yang diperlukan untuk memuat sebuah program dan semakin banyak program yang dapat dijalankan secara bersamaan ( multi tasking ).

4. batere


batere menjadi hal yang sensitif mengingat semakin canggihnya hardware smartphone sekarang ini yang tidak diikuti oleh perkembangan teknologi batere yang lambat , sehingga mencharging handphone dua kali sehari sudah dianggap normal saat ini ( ngecas udah kayak makan aja wkwkwk )
kembali ke masalah gaming , carilah smartphone yang memiliki batere badak , minimal 4100 mAh dan carilah yang memiliki jenis lithium polymer , karena terbukti lebih awet daripad jenis li-ion , dan kalau bisa carilah smartphone yang baterenya tidak ditanam ( gampang diganti kalau drop , dan bisa bawa batere cadangan ).

5. tombol fisik



yang terakhir ini mungkin sangat jarang ditemukan pada smartphone terkini , dimana smartphone dilengkapi dengan tombol game yang terdedikasi , buat gamer main game dengan tombol fisik jauh lebih menyenangkan daripada touch screen .

nah demikian sedikit tips dari ane buat para gamers handphone , semoga dapat dijadikan perbandingan dalam memilih smartphone gaming .
salam game mania



No comments:

Post a Comment