Friday 9 December 2016

TIPS BERMUSIK DENGAN SMARTPHONE



salam bloggers ...
tak bisa dibantah lagi jaman sekarang smartphone sudah menjadi bagian dari hidup kita , baik untuk memenuhi kebutuhan dasar akan telekomunikasi dan kebutuhan sekunder lainya termasuk mendengarkan musik.
kali ini ane akan share tips buat memaksimalkan smartphone untuk keperluan bermusik untuk mencapai kepuasan dalam hal audio.

1. source yang baik



imho ( in my humble oponion ) arah daripada audio itu dimulai dari source atau sumber suara kemudian dilanjutkan ke player ( dap atau smartphone ) kemudian baru ke cans ( earphone ).
jadi yang pertama yang harus diperbaiki terlebih dahulu adalah sumber suara yaitu lagu.
terdapat bermacam macam file musik mulai dari mp3 sampai file dsd yang memiliki kualitas berbeda , semakin besar bitrate sebuah lagu akan berbanding lurus dengan kualitasnya pun demikian dengan size yang semakin besar.
dalam hal ini ane menyarankan untuk menggunakan lossless format yaitu file flac, flac menurut ane memiliki kualitas yang sangat bagus meski harus berkorban storage yang lebih besar ( rata rata ukuran sebuah file flac yaitu 20 mb ) bandingkan dengan mp3 yang hanya 5 mb tapi kualitas berbeda jauh. file flac bisa didapatkan dengan donlod di beberapa situs di internet dan bisa juga dengan melakukan rip dari cd original dengan bantuan software komputer. untuk perangkat apple device mempunyai format lossless sendiri yaitu m4a , caranya sama yaitu dengan ripping cd original menjadi file lossless apple , karena secara default apple devices belum support file flac.

2. smartphone dengan dac terpisah


dac ( digital to analog converter ) adalah hardware / perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital yang berupa kode biner menjadi sinyal analog ( karena kuping manusia hanya bisa mendengarkan suara analog ) , kalau di komputer dac itu ibaratnya sound cardnya komputer , sebenarnya fungsi dac sudah terintegrasi di dalam prosessor tapi dengan memiliki perangkat dac terpisah dari prosessor akan membuat smartphone menghasilkan kualitas audio yang lebih mumpuni.
untuk yang berencana membeli smartphone baru dan lebih mengutamakan kualitas suara , carilah smartphone dengan chip dac terpisah dari prosessor , contoh di pasaran : meizu mx4 pro , mi note , flash plus two dll , untuk apple device sekarang menggunakan chip cirrus logic yang menurut sebagian orang mengalami penurunan kualitas dari dari pada apple device generasi awal ( ipod yang masih menggunakan chip wolfson ).

3. upgrade cans


cans yang disebut disini memiliki arti earphone secara keseluruhan , biasanya smartphone dilengkapi earphone bawaan dan sayang sekali biasnya eaephone bawaan rata rata memiliki kualitas yang kurang maksimal , maka daripada itu perlu melakukan upgrade ke cans yang lebih baik.

4. aplikasi software tambahan


beberapa aplikasi pemutar musik dari pihak ketiga sudah memiliki kualitas yang lebih bagus dari player bawaan hape , sebut saja power amp , jet audio , neutron dll , dan yang lagi hype sekarang adalah aplikasi straming musik online yaitu joox dan spotify dimana menawarkan layanan premium dengan streaming audio kualitas hifi . untuk juragan yang suka oprek android bisa juga menambahkan viper audio atau dolby atmos di perangkat androidnya yang secara signifikan dapat meningkatkan kualitas audio smartphone.

5 . set up hardware tambahan ( set up tumpuk )



penambahan hardware disini bertujuan untuk memberikan tambahan power agar bisa mendrive cans yang memiliki impedance / hambatan tinggi dan merefine kualitas audio menjadi jauh lebih baik dari standard smartphone , adapun perangkat yang biasa ditumpuk berupa amply dan dac eksternal. bagi para penggemar audio akut set up bertumpuk seperti ini sudah menjadi hal yang wajib adanya untuk mencapai apa yang disebut mereka kenikmatan tertinggi dunia audio yaitu " eargasm "

nah demikianlah sedikit sharing dari ane yang masih nubi ini gan , semoga dapat dimengerti he he 
sekian dan salam music mania ....







2 comments:

  1. tambahan mas Nyoman, satu hal yang penting dalam source adalah kualitas mastering diatas apapun. :)

    ReplyDelete
  2. ya bener banget gan , mastering memegang peranan utama sebelum berbicara ke gear audio

    ReplyDelete