Thursday 28 December 2017

REDMI 4A REVIEW


salam bloggers ...
kali ini diatas meja redaksi belog megandonk telah bertengger sebuah smartphone dari negeri tirai bambu besutan pabrikan xiaomi , dimana merupakan kasta terendah dari jajaran smartphone xiaomi yang bernama redmi 4A , smartphone ini juga hasil khilaf harbolnas 12/12 yang harganya sangat miring jatuh ke idr 1250k untuk yang internal 32gb dan garansi resmi tam. murah pake banget kan , mari kita simak kemampuan si murah ini ... cekidot gan ...


DESIGN
mengusung desing bentukan sejuta umat yaitu candybar yang terasa pas ditangan karena ukuran layar yang sebatas 5 inchi membuat redmi 4a menjadi nyaman dipakai meski dengan satu tangan saja.
diatas layar terdapat lubang earphone dan sensor cahaya , pada bagian bawah terdapat touch button tanpa lampu ( jadi perlu sedikit hapal tempatnya , terutama saat gelap ) , keseluran body terbuat dari plastik dan berjenis unybody jadi case belakang tidak bisa dibuka. dibagian belakang terlihat sederhana dengan bertenggernya kamera utama di ujung atas kiri bersama dengan single led flash sedangkan dibagian bawah terbentang grill loud speaker dan ada emboss logo mi silver diatasnya , terksan simple tapi tampak lumayan elegan juga he he untuk hape sejutaan. dibagian atas ada port jack audio 3.5mm untuk earphone dan didampingi dengan sensor infrared ( bisa buat remote ) , pindah ke bagian samping kanan berjejer tombol volume up , volume down dan power sedangkan samping kiri terdapat slot simcard yang bersifat hybrid bersama microsd card slot ( harus milih untuk memakai satu sim card plus micro sd atau dua sim card tanpa micro sd ). dan dibagian bawah dilengkapi port micro usb buat keperluat pengisian daya serta sebuah lubang microphone.


LAYAR
dilengkapi dengan bentangan layar 5 inchi resolusi hd ( 720 X 1208 ) memberikan kerapatan 296 ppi dan berjenis ips lcd capasitive 16 juta warna dirasakan telah menjadi standard untuk ponsel jaman now , gambar dapat tertampil tajam , halus dan dengan saturasi warna yang baik. hadir tanpa perlindungan seperti gorilla glass atau dragon trail membuatnya sedikit rawan gores , jadi sangat direkomendasikan penggunaan temperglass tambahan atau screen guard buat tambahan proteksi layar.

HARDWARE DAN SOFTWARE
ditenagai dengan prossesor besutan qualcomm yaitu snapdragon 425 quadcore 1,4 Ghz Cortex -A53 dan dengan chip graphis adreno 308 500 MHz, ram 2gb dengan tipe ddr3 single chanel 667MHz dan internal 32gb ( spesifikasi tergolong low end ) ane rasa sudah cukup mumpuni untuk penggunaan harian . selama pemakaian tak pernah ada system crash atau hang semua berjalan lancar jaya dengan os android marshmallow dan rom global resmi.
user interface yang digunakan pada redmi 4A adalah miui 8.5 global yang lumayan cantik dan banyak fitur ciamik. hardware unik lain yaitu adanya sensor infrared , jadi bisa digunakan sebagai remote perangkat elektronik seperti tv , ac dll , settingannya juga mudah , lumayan buat ngerjain anak anak seperti mematikan tv he he .. dan fitur standar ponsel sekarang seperti wifi , gps tambahan fm radio ( lumayan buat hiburan dikala senja ) , sensor juga lumayan lengkap seperti acellerometer , gyro ( penting buat gaming ) dan proximity , juga sensor magnetic kompas buat yang sering tersesat dan tak tahu arah jalan pulang he he ..

KAMERA 
berbekal selongsong kamera utama berkekuatan 13 megapixel dan sensor berjenis cmos dan bukaan lensa f/2.2 dan focal length 4.92mm ane rasa sudah lebih dari cukup untuk mengabadikan momen harian agan agan , kecuali untuk keperluan profesional itu lain , terdapat banyak fitur pada kamera seperti filter , mode ( panorama , timer , audio , manual , straigten, beautify ,hht, scene ) serta dilengkapi fitur HDR serta keberadaan single flash light buat membantu pencahayaan pada keadaan gelap.



dan sebagai media berselfie ria disediakan kamera depan beresolusi 5 megapixel dibagian atas layar. untuk hasil kamera terbilang bagus , detail dan kejernihan dapat dihadirkan dengan baik , cuman pewarnaannya agak low saturated kalau dilihat di layar komputer ( apa layar ane yang jelek ya ) tapi kalau dilayar handphone cerah sangad. berikut contoh hasil jepretan kamera redmi 4A , hasil juga tergantung skill orang dibelakang kamera ya he he ..










dan ini adalah contoh dari kamera depannya


SOUND
walau tidak dilengkapi dengan dedicated dac ( digital to analog converter ) seperti pada ponsel musik umunya , keluaran suara redmi 4A di kuping kaleng ane terdengar bagus , mungkin dac bawaaan soc snapdragonnya memang bagus, dengan player musik bawaan suara berkarakter warm dengan frekuensi low yang baik dan berbody , mid yang tebel dan detail yang bagus. player bawaaan dilengkapi dengan audio enhancement disebut mi sound enhancer dan dilengkapi juga dengan equalizer untuk menyelaraskan audio sesuai dengan selera kuping ( mungkin anak anak audio kebanyakan tidak suka fitur seperti ini karena dianggap micin dan kurang normal , tapi menurut kuping kaleng ane sendiri peningkatan kualitas suara lumayan meningkat dengan mengaktifkan fitur diatas , kembali lagi ke masalah selera ).




berbanding terbalik dengan kualitas speakerphonenya yang tergolong apa adanya (asal bunyi ) suara cenderung kecil , lemah dan tanpa dinamika , mungkin cukup buat telepon via speaker aja.

GAMING 
untuk keperluan gaming ane menggunakan game asphalt 8 buat menilai kemampuan game dari redmi 4a , karena tergolong game yang besar dan berat ( high definition ) , jauh lebih berat dari pada game game yang bersifat online seperti clash royale , mobile legend dll. dan di setiap smartphone yang pernah ane gunakan ini merupakan game wajib ( berawal dari asphalt 1 di nokia ngage )
saat dijajal menggunakan game asphalt 8 di moda standard , game dapat berjalan dengan sangat lancar jaya , tanpa ada frame skipping yang mengganggu , namun ketika menggunakan graphic level high ada sedikit frame skipping yang terasa meski tak menganggu permainan tapi kelancarannya berkurang dari mode graphic standard. dengan ini ponsel ini ane pastikan siap untuk melahap game game hd yang bisa agan ditemukan di playstore. ini juga pengaruh dari chip graphis adreno bawaan snapdragon yang terkadang lebih baik dari punya mediatek untuk level harga yang sama.



BATERE
berbekal batere berkapasitas 3.120 mAh berjenis li-polymer ane rasa cukup untuk kebutuhan harian masyarakat jaman now , ane sendiri dengan penggunaan sosmed yang lumayan ekstrem , browsing , marketplace , music ( tanpa game ) , masih bertahan seharian untuk satu kali charging , terkadang bisa sampai satu setengah hari , masih tergolong irit menurut ane .


KESIMPULAN
hanya ada dua kata untuk kemampuan redmi 4a yaitu " good job "
salam gadget mania ...



2 comments: