Wednesday 27 December 2017

HARMAN KARDON ONYX STUDIO 3 REVIEW


salam bloggers...
untuk para kaum pecinta audio kere hore , sudah tentu tahu dong momen harbolnas ( hari belanja online nasional ) dimana pada saat itu di marketplace online akan menawarkan paket diskon yang lumayan menggoda dan biasanya lebih murah dari harga standard pada umumnya , pun demikian dengan penulis yang memanfaatkan momen harbolnas untuk memboyong sebuah speaker bluetooth buatan kakek harman ( almarhum ) yang sudah sangat pasaran dan tenar yang diberi nama onyx studio 3 ( generasi ketiga ), sedikit ulasan mengenai pengalaman penulis dengan onyx3 adalah sebagai berikut ...


DESIGN
memiliki bentuk lingkaran sederhana kesan yang pertama yang keluar adalah simple , jadul , old fashioned , modern , futuristik ,elegant... aneh , kenapa semua hal yang kontras itu bisa dapat disatukan dari design si onyx3 ya , salut dah buat pencipta konsep designnya. bagian depan tertutup lapisan jaring yang tidak dapat dibuka , dihiaskan emblem harman/kardon , bagian belakang terdapat bass radiator yang ganteng dan dua kaki permanen untuk tumpuan, diantara selangkangan kakinya terdapat 3 port yaitu charge, micro usb dan aux , terdapat lubang holder diabagian atas buat jinjing. dibagian atas terdapat tombol power, volume plus dan down , call dan bluetooth. secara keseluruhan desingnya simple tapi bisa memancarkan kesan premium.
paket pembelian berupa , speaker , kitab kitab dan adaptor ( dengan 4 macam pilihan jenis stop kontak ) siap digunakan lintas benua he he ...


SOUND
sebagai orang awam di dunia audio hanya satu kata untuk mewakili kualitas suara onyx3 yaitu "enak". tuningan khas harman yang mudah diterima oleh kuping kaleng sekalipun dan memang mengisi harapan daripada pasar umum yang menginginkan speaker dangan bass yang mumpuni.
karakter suara warm dengan low yang berkualitas dan kuantitas melimpah , detail dan clarity bagus dan musikalitas yang baik membuatnya cocok buat speaker harian .
satu yang bikin kagum adalah loudness onyx3 yang betul betul menggelegar dan solid , digeber full volume dengan lagu lagu bass test dari youtube keluaran suara sangat solid , terkontrol baik dan tidak ada tanda tanda sember atau pecah. suara betul betul bulat dan berkualitas. ditest di halaman seluas 2 are masih terdengar keras dan enak , sehingga cocok buat party di halaman terbuka.

LOW   = bassnya benar benar asyik dan berkualitas, dalam dan hentakan keras , ekor pendek atau pun panjang oke , tekstur baik ,sub bass bagus ( di angka 40hz masih dapet rumblenya ) , sangat cocok buat lagu lagu dengan bass akut , basshead wajib punya ini speaker.

MID    = midnya terdengar tebal , suara vokal terdengar natural seperti asli , intim dan musikal ( bisa bikin ikut nyanyi he he ), halus dan bertekstur terutama vokal cewek terdengar sangat merdu dan mengayun ( suara susan wong dan yao si ting terdengar manja menggoda iman ) , instrumen masih dapet detailnya meski tidak terlalu wah.

HIGH  = mungkin memang karakter suara harman yang warm sehingga high terdengar tidak terlalu extend , sangat sopan dan halus ( sedikit malu malu ), terkesan roll off tapi masih sangat bisa dinikmati , bagi trebellover mungkin akan kurang open dan kurang ngecring


FITUR LAIN 
WIRELESS DUAL SOUND , ini adalah fitur keren dari onyx3 sebagai pembeda dari seri sebelumnya , dimana speaker dapat dikoneksikan ke speaker lain secara pararel via bluetooth , jadi seperti speaker 2.0 dan sudah tentu loudnessnya bakalan meningkat dua kali lipat , cocok buat pesta , tapi sayang sekali penulis belum mencoba fitur ini karena dibutuhkan satu buah onyx3 lagi buat pairng ( masak beli lagi onyx3nya lagi satu he he bisa bangkrut penulisnya he he )

BATERE
dibutuhkan sekitar dua jam untuk full charge dari posisi awal notifikasi low batere ( power berkedip ) dan menurut klaim kakek harman , speakernya dapat bertahan 5 jam penggunaan volume normal. nilai berubah tergantung tingkat volume yang dipakai , ane sendiri belum coba hidupin terus menerus he he nikmatinya aja dulu he he


penantian harbolnas akhirnya tidak mengecewakan , berakhir dengan diboyongnya sebuah speaker besutan kakek harman yang memang berkualitas , loudness yang gila , bass dan mid yang enak dan musikal ,kekurangannya hanya satu yaitu treble yang kurang extend dan harga yang masih tergolong lumayan tinggi he he ( setidaknya untuk kantong penulis he he dasar penulis kere ) membuat onyx3 sangat layak dimiliki , bagi yang kere dan pengen hore speaker ini wajib dimiliki dengan sedikit menabung dan menunggu momen harbolnas atau diskon di marketplace online.
salam music mania ...


impresi bersifat subjektif sesuai kepribadian , isi kantong dan selera penulis , percaya kuping sendiri adalah memang yang terbaik. review menggunakan :
- player : meizu mx4 pro ( ess es9018k2m sabre dac ) , redmi 4a snapdragon , nokia 5800 express music.
- lagu : album bossanova java the best , album sierra soetedjo the one , the best of yao si ting , susan wong album some one like you , disturbed album immortalized.
foto foto didapat dari si mbah , ane males foto gak ada kamera bagus he he

No comments:

Post a Comment