Sunday 2 July 2017

REVIEW NIA X2



salam bloggers ...
masih dari kawasan Denpasar Bali dan masih bersama redaksi belog megandonk di hari yang slow ini he he dan diatas meja redaksi sudah siap sebuah headphone bluetooth bernama nia x2 ( namanya so sweet ya gan ) siap untuk direview , simak juragan ...



DESIGN
mengekor design dari headphone ternama yaitu urbanears plattan series , neng nia tampil lumayan cantik dan ringkas , build quality nya bagus hampir mirip dengan plattan , nuansa fashion dapat ditemukan disini dengan digunakan bahan kain pada bagian bawah headband dan adanya tag bordiran kain seperti layaknya pakaian. design portable dapat dilipat dan dimasukan tas kecil atau tas pinggang. saat dipakai di kepala neng nia sangat ringan hampir tak terasa dan seperti generasi urbanears dan headphone jenis on ear seperti ini jika pemakaian dalam waktu lama dapat menyebabkan kuping sedikit panas karena tekanan dan padnya pas diatas telinga. tapi overall lumayan nyaman dan enak dipakai kok. selain fitur bluetooth neng nia juga membawa fitur keren lainnya seperti , radio fm dengan auto program , lossless audio player lewat slot micro sd ( bisa putar lagu flac , wav dan mp3 langsung pada headphone tanpa perlu hape ) , equalizer ( khusus play via sdcard ) dan slot aux  ( sayannya kabel aux tidak include dalam pembelian ) , mic buat nelepon.

SOUND
masuk ke  bagian sound karakter suara neng nia adalah warm ( dominasi bass dan vokal ) , detail dan separasi baik , clarity cukup , soundstage yang dirasakan cukup luas , terasa fun dan musikalitas yang baik , tidak untuk monitoring dan critical listening 

- low  = bass boomy tapi lumayan ketat , impact bagus dengan ekor yang pendek sedikit lewat menutupi mid tapi detail yang didapat masih ok , basshead pasti suka ini. tekstur bass ane rasa masih kurang disini meski tonjokannya dasyat .
- mid  = vokal terdengar pas ditengah seperti di posisi vshape dengan mid yang dinaikan dikit , tapi artikulasinya masih jelas dan bersih , instrumen di sini juga terdengar detail dengan baik .
- high = treble sebenarnya renyah tapi terdengar seperti ketutupan sesuatu , seperti ada tembok di depan symbalnya , treble nya sudah pasti tidak nusuk tapi terdengar kurang open. penyuka cring cring kurang cocok disini.

setelah beberapa kali mencoba beberapa mode ternyata ada sedikit perbedaan suara yang dihasilkan , berikut perbedaanya meski sangat tipis dirasakan. atau ini hanya semacam sugesti atau efek placebo kali ya he he ... disimak aja juragan ...
1. mode bluetooth . ( streaming via meizu mx4 pro )
disini suara terdengar lebih flat , tapi masih dengan nuansa warm yang kental. 
2. mode micro sd . ( menggunakan lagu format flac dan wav dan micro sd vgen 2 gb )
di mode ini terdengar bass lebih kuat dari bluetooth , dan nuansa vshaped lebih keluar disini.
3. mode aux dengan kabel ( menggunakan kabel standard bawaan headphone appking )
mode ini paling ane suka , bassnya masih nendang tapi dengan peningkatan treble dan kejernihan dari dua mode diatas. nah disini kualitas dari dap juga mengambil peranan.

RADIO FM
ini merupakan fitur bonus dari neng nia , lumayan buat menghibur disaat bosan dengan playlist atau buat yang tidak bisa lepas dari radio , dapat menyimpan program otomatis , kualitas suara tergolong standard , dengan bass yang boomy tapi detail dan claritynya kurang baik dan treble yang roll off putus sehingga terdengar mendem , tapi lumayan menghibur juga atau bisa buat mereset kuping nih ke setelan default he he sehingga nanti kalau diberi set up reguler akan terasa sangat bagus.


dari segi harga yang ditawarkan oleh neng nia dan fitur yang didapatkan , adalah sangat layak untuk meminang neng nia menjadi peneman hari hari agan atau buat nambah koleksi headphone yang agan miliki .
salam music mania

impresi bersifat subjektif sesuai kepribadian , isi kantong dan selera penulis , percaya kuping sendiri adalah memang yang terbaik. review menggunakan :
- player : meizu mx4 pro ( senjata andalan ) , soner w800i , the kube , compact cq 40 laptop
- lagu    : album bossanova java , tulus sewindu dan  sierra soetedjo dll







4 comments:

  1. kalau sama nia x3 terus nia q8 bedanya apa om?

    ReplyDelete
  2. bener gan nia x2 ini enakan pas pake aux, kalo mode bluetooth/sdcard kaya dia kurang aja gitu detil sama bass nya juga,

    ReplyDelete