Wednesday 12 July 2017

REVIEW AKG Y50 BT


salam bloggers ...
bersua kembali di belog megandonk , dan masih membahas seputar dunia yang penuh kekhilafan dan bikin kere ini , he he apalagi kalau dunia audio portable yang beracun. dan untuk kesekian kalinya ane khilaf lagi dengan memboyong sebuah headphone bluetooth besutan akg by harman ke meja redaksi , yaitu akg y50 bt. dengan pengetahuan yang sangat rendah alias nubitol ane mencoba untuk mereview singkat mengenai kualitas dari headphone ini , cekidot gan ...


DESIGN
bentuknya hampir sama dengan kakaknya yaitu akg y50 versi kabel yang telah dulu hadir dan berhasil menyabet penghargaan di dunia audio ,tapi jika dibandingkan head to head , akg y50bt tampil lebih besar baik cup atau headbandnya , jadi kelihatan lebih kokoh , apalagi bahannya terbuat dari logam dan dipadu dengan plastik keras semakin menambah gagah penampakannya. portabilitas sangat diutamakan disini , dimana cup housing bisa diputar 90 derajat dan bisa dilipat ke dalam sehingga membuat akg y50bt tidak memerlukan tempat luas untuk media penyimpan , dalam tas pinggang atau kompek pun muat , sehingga cocok buat music lover on the go yang praktis dan suka berpergian. terdapat empat buah tombol control di sisi kanan cup , yaitu volume up , play / pause , volume down dan tombol on / off , disana bertengger juga sebuah microphone buat menerima telepon dan lampu indikator led biru serta lubang jack 2,5 mm untuk colokan kabel buat by pass music disaat batere habis, sedangkan disebelah kiri hanya terdapat port charge berjenis micro usb yang sangat umum dipakai pada smartphone.


SOUND
dari segi sound juga sangat mirip dengan kakaknya akg y50 yang sudah ane dimari review akg y50 , tapi kembali jika didengarkan dengan lebih seksama akg y50bt terdengar lebih vshaped dangan bass yang lebih bagus dan rapi baik kualitas dan kuantitas , karakter suaranya mengarah ke balance to vshaped dimana bass megah dapat dihadirkan tanpa menghilangkan komponen yang lain , seperti clarity dan detail , akg y50 bt sepertinya di tunning memang untuk fun dan musikal sehingga sesuai dengan yang diinginkan kuping banyak orang , separasi antar alat musik sangat baik , setiap alat terdengar terpisah dan seperti ada jarak diantaranya , soundstage terdengar biasa saja tidak terlalu luas malah cenderung seperti di dalam studio. isolasi juga sangat baik meski tipe padsnya on air ( nempel pas diatas kuping ) tapi lumayan bisa memblok suara dari luar yang tidak diinginkan. tapi jenis headphone seperti ini jika dipakai lama lumayan bikin kuping jadi sedikit panas , tapi masih dalam ruang lingkup nyaman kok.


low  =  basshead pasti suka headphone ini , bassnya deep , gesit dengan impact yang sangat keras , sedikit boomy tapi tidak meleber , tekstur apik dan epik , semua frekuensi bass dapat dipresentasikan dengan baik termasuk sub bass dan mid bass, ini merupakan salah satu headphone dengan bass terbaik yang pernah ada.
mid  = mid dalam posisi vshaped , sedikit lebih mundur dari kakaknya tapi masih dapat terdengar artikulasi dengan baik , petikan gitar terdengar sangat detail dan greget gigitannya dapat banget , alat musik akustik terdengar lebih hidup disini. di beberapa lagu vokal terdengar sangat halus dan intim terutama vokalis cewek dan jauh dari kesan kering.
high  = treble crisp , renyah dan sparkling , letak dan suara cymbal terdengar detail dan akurat , dan sangat bersahabat dengan kuping tanpa kesan nusuk atau harsh , pecahnya juga bagus tanpa roll off dan halus ,sangat nyaman didengar berlama lama.


ini adalah headphone bluetooth dengan suara terbaik yang pernah ane dengar ( maklum pengalaman masih cetek gan ) masuk katagori allrounder sehingga enak buat melahap musik dari berbagai genre , dengan presentasi audio yang baik di semua frekuensi plus tampilan dan built quality yang kuat dan kokoh, portabilitas yang baik membuatnya sangat layak buat dimiliki , kualitas sound akan meningkat sekitar 10% ketika koneksi menggunakan kabel bawaan.


impresi bersifat subjektif sesuai kepribadian , isi kantong dan selera penulis , percaya kuping sendiri adalah memang yang terbaik. review menggunakan :
- player : meizu mx4 pro ( senjata andalan ) , soner w800i , the kube , compact cq 40 laptop
- lagu : tulus - sewindu , album bossanova java , album sierra soetedjo , the chainsmoker dll


No comments:

Post a Comment