Tuesday 4 July 2017

REVIEW MIFA M1


salam bloggers ...
perkembangan dunia audio akan selalu sejalan dengan teknologi , ingat jaman dulu waktu masih jaman tape deck ( yang ditumpuk tape ampli equalizer radio dll ) perangkat tsb memerlukan ruang yang lumayan besar dan bersifat statis, kemudian diikuti dengan lahirnya compo portable menyuguhkan musik yang bisa dibawa berpindah pindah , kemudian diikuti boom box dan kini musik pun bisa dimasukan ke kantong dengan lahirnya speaker portable dengan teknologi bluetooth , mengikuti perkembangan jaman yang lebih mengarah ke digital audio yaitu via dap atau smartphone , tapi masih ada juga yang hobi musik home audio sampai sekarang tapi tidak sebanyak portable audio.
yah jadi panjang lebar deh curhatan hati ts .. gak nyambung ya , oke kini saatnya mereview sedikit speaker portable bluetooth yang super cadas ini , yaitu mifa m1 ... cekidot gan...


DESIGN
kabar yang beredar mifa adalah salah satu anak perusahaan xiaomi yang khusus memproduksi speaker , jadi kebayang kan bagaimana kualitas produk produk xiaomi ? setidaknya pastilah menurun pada generasi mifa ini . hadir dengan balutan bahan aluminium alloy membuatnya terkesan kokoh , kontrol panel lengkap diatasnya terlihat elegan sentuhan crome dari casenya yang di lubangi, bagian grill terbuat dari plastik doff yang kesat dan lembut membuat grip semakin mantap , di depan bertengger dual driver speaker dan dibelakang dilengkapi dengan passive bass radiator , sedikit diatasnya terdapat lubang charge dan slot memory micro sd yang ditutupi dengan lid karet. secara keseluruhan kesan cantik dan macho dapat tercipta disini sesuai dengan pilihan warnanya.


SOUND
di segment ini akan dibandingkan dengan speaker rival tanding terdekatnya yaitu jbl go dan xiaomi square ( yang notabene masih seharga dibawah 300k ) dan akan direview di artikel terpisah.
pertama kali mendengarkan musik lewat mifa m1 kuping kaleng ane sukses dibuat terkagum kagum dengan keluaran suara bass dari m1, sampai sampai mifa m1 bergetar dan gerak gerak sendiri sebagai efek dari dentuman dan bass radiatornya yang kuat. arah suara masih cenderung balance to warm dengan extra bass yang megah dan solid , clarity dan detail masih dapat meski sedikit mundur.

low  = bass besar dan tebal , impact kuat dan hentakan dalam , tekstur masih terdengar jelas , lumayan cepat dan tidak keteteran , tak ada tanda tanda menutupi frekuensi lain , ini merupakan bass yang paling enak di speaker portable yang pernah ane punya , volume maksimal bass tidak pecah benar benar solid , basshead pasti suka.
mid  = vokal terdengar sedikit maju , lumayan lembut tapi tak sehalus dan smooth pada jbl go , suara instrumen masih terdengar baik meski detail dan clarity tak sebagus jbl go.
high = treble masih ada dalam kuantitas yang cukup , dan dapat dinikmati. ( dalam mode sd card kualitas treble lumayan meningkat )


FITUR LAIN :
- sd card mode 
speaker ini dapat memainkan file audio langsung via sd card yang disisipkan ke dalamnya tanpa streaming lewat bluetooth smartphone , tak tanggung tanggung file lossless audio seperti flac dan wav mampu dimainkan dengan baik , sehingga kualitas keluaran suara akan meningkat pada mode ini sebab source lagu yang baik.
- usb audio mode
speaker ini dapat berfungsi seperti sound card atau dac external tapi outputnya hanya via speaker yang dimiliki , ini dapat menjadi solusi jika suatu saat sound card laptop atau komputer ada masalah , ini fitur wow yang sangat jarang ditemukan pada speaker portable. seandainya output bisa disalurkan ke jack 3,5 mm ini bakal menjadi fitur killer buat penghobi audio dimana speaker ini berfungsi layaknya dac external.
- card reader
speaker ini juga dapat berfungsi sebagai card reader , dimana proses transfer file dari dan ke sd card dapat dilakukan langsung melalui speaker , tinggal colok , hidupkan mode sd card reader ,kemudian drag and drop file ke sdcard.
- mifa aplication for ios dan android
aplikasinya dapat didonlod di situs mifa , dengan aplikasi ini dapat melihat indikator batere via smartphone dan dapat mengeksplore lagu di micro sdnya dan di hape via aplikasi ini. top dah buat mifa.

keunggulan dibanding kedua rivalnya : ( jbl go dan xiaomi square )
mifa m1 memiliki bass yang bukan saja paling besar tapi juga paling rapi dengan punch yang cepat dan decay pendek , fitur uniknya banyak dan paling canggih diantara rivalnya.

minus :
masih dicari cari gan , nanti kalau ketemu ane update disini he  he


dengan harga masih dibawah 300k , mifa m1 membawa keluaran suara yang dasyat dan pasar umum pasti akan suka karakter suara seperti ini dengan output bass yang megah dan kuat , ini juga merupakan salah satu speaker rekomendasi ane buat yang mau move on ke portable audio. good job mifa  ...
salam music mania ...



impresi bersifat subjektif sesuai kepribadian , isi kantong dan selera penulis , percaya kuping sendiri adalah memang yang terbaik. review menggunakan :
- player : meizu mx4 pro ( senjata andalan )
- lagu    : album bossanova java ,mltr the actor ,the chainsmoker wake up alone ,david elias moon light western town ( dsd )






11 comments:

  1. Makasih han, atas review'y.

    Maju terus...

    ReplyDelete
  2. Bang cara liat baterai di apk nya dmn bang.

    ReplyDelete
  3. Oiya gan, Kalo dibandingkan dengan JBL Go pilih mana y bang? Bingung ane.. tolong dijawab ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusan JBL Go, tapi haranya lebih mahal JBL GO lo

      Delete
    2. kalo menurut aku sih gan tergantung masing masing kuping kita. menurut review ane sih gan lebih suka ke JBL kalo kuping kita suka dengan vokal, kalo Mifa itu lebih trabelnya crunchi basnya engga mendem.

      Delete
  4. cara nyari drivernya dimaNA gan ?



    ReplyDelete
  5. Bang klu di banding dgn jbl go gmn bang ,bgusan mn...

    ReplyDelete
  6. gan. mau tanya. kemaren saya nyalain lagu pakai mifa m1, terus tiba2 suara nya hilang dan tidak mau nyala sama sekali. terus di lampu bluetooth nya kelap kelip warna biru. tolong pencerahan nya gan

    ReplyDelete