Thursday 9 March 2017

REVIEW WALNUT V2


salam bloggers ...
dalam rangka memeriahkan hari musik nasional yang jatuh pada hari ini , ane akan mereview sedikit tentang sebuah dap yang lagi hype di kalangan dunia audio kere hore yaitu walnut v2. dap yang satu ini termasuk katagori unik karena selain sebagai dap ( meski sebatas memutar file wav dan mp3 ) dia juga bisa berfungsi sebagai ampli untuk menambah power dari pada dap lain yang dikoneksikan ke line outnya , selain itu walnut juga termasuk katagori yang langka karena tidak ada penjualnya secara langsung , walnut biasanya didapat dari grup buy ( beli bareng bareng ) dari situs jual beli luar negeri , dan pemilik walnut juga kadang enggan melepaskan walnut nya untuk dijual lagi mengingat dap ini lumayan susah dicari dan harganya yang tergolong murah.

DESIGN
dari segi design ane pribadi sangat suka modelnya , kesan klasik dan berbau audio analog terasa kental waktu pertama kali melihatnya , apalagi dilengkapi dengan knob volume putar yang akurat dan biasanya ada di dap yang mahal dan kemiripan dengan salah satu dap legenda yaitu teri G1 menjadi daya tarik tersendiri. bahan terbuat dari logam aluminium berbalut warna hitam terkesan kuat dan macho , kekurangannya dengan ketiadaan layar dapat ditutupi dengan design yang menurut ane sangat keren.


SOUND
awalnya ane menaruh ekspetasi yang sangat tinggi terhadap kualitas audio dari si walnut ini , mengingat komen dan review positif yang bertebaran di dunia maya , ditambah tampilan yang berbau audio gahar dan sangar , tapi setelah ane coba mendengarkan dengan kuping kaleng ane kok biasa saja ya , tak ada yang istimewa dari audionya ( mohon maaf ini bersifat subjektif ya , ane tulis apa yang ane rasakan , setiap kuping bisa jadi merasakan impresi yang berbeda ) suara terdengar kurang berdinamika dan kurang jernih ,detail dan separasi dapat dirasakan tapi terasa ada yang kurang gitu gan , suaranya terdengar agak kasar terutama di bagian mid yang kadang lumayan merangsek kedepan ,jadi kesannya seperti agak cempreng gitu gan , sound signaturenya mirip sama punya dap jepit votre , bahkan ane head to head sama votre pun , votre lebih terdengar smooth dengan soundstage yang lebih luas, apakah karena file audio lossy ? oke ane coba convert beberapa file flac ane ke wav plus menghilangkan metadatanya ( yang katanya mengganggu khususnya pada walnut ) tapi ya seperti itulah ... tetap belum bisa memuaskan kuping kaleng ane ( mungkin kuping ane kali yang bermasalah ya ,, ah sudahlah )



low    = bass terdengar seadanya ,kurang bulat dan kurang bertenaga
mid    = vokal terdengar maju dan sedikit hars di kuping ane pun demikian dengan instrumen di frekunsi ini ( mungkin cocok buat vokal lover kali ya )
high   = treble terdengar ada tapi kurang sparkling dan seperti ketutupan sesuatu. akibatnya claritynya menjadi berkurang. dan terkesan seperti mendem gitu.


tapi dibalik kekurangan dalam hal sound quality yang ane rasakan , walnut memiliki potensi yang bagus untuk dimaksimalkan , pertama karena walnut mempunyai power yang besar dan kuat mengankat cans dengan impedansi besar , dapat dijadikan ampli , batere yang kuat ,dan hal yang istimewa adalah komponen op amp yang dapat diganti ( rollable ) sehingga akan dapat merubah dan meningkatkan karakter suara bawaan sesuai dengan op amp yang dipasang ( ane sendiri belum coba , mungkin kalau sudah dicoba tulisan ini akan diupdate he he gak begitu ngerti juga masalah komponen , selain gak punya uang juga wkwkwkwk ) tapi mengingat harganya yang berada di rentang 300 ribuan semua kekurangannya itu sangat dapat diterima , dan menurut ane walnut menjadi gadget wajib di dunia audio kere hore yang penuh racun ...
salam music mania ...

saat audisi ane menggunakan :
lagu : wav dan mp3 320 kbps
cans : benjie , sabia v4 ( karena dua cans ini ane kenal betul karakteristiknya )

dap pembanding ;
soner w810i , votre , ipad , mx4 pro , xduoo x2 , redmi 3


5 comments:

  1. masgan,
    ini walnut klo batre mau abis/harus charge tandanya apa ya??

    ReplyDelete
  2. Selama saya make belum pernah kehabisan batre gan , makenya cuma sebentar sebentar , walnut badak banget baterenya , keburu dijual karena tidak cocok sama sqnya

    ReplyDelete
  3. Tadinya mau beli, kayaknya ga jadi. Sekarang pakai sony walkman seri Nwz yg hrga 800an lumayan bersih suaranya cuma bass krng nendang dikit. Mngkin hrus yg harga 2jtaan kali y

    ReplyDelete
  4. Apakah walnut v2s bisa dijadikan DAC, kalo bisa, bagaimana setting kabel dan port nya??
    Makasih

    ReplyDelete