Tuesday 21 February 2017

REVIEW URBANEARS PLATTAN


salam bloggers ...
kali ini ane akan mereview sebuah headphone dari urbanears yaitu plattan generasi pertama yang sudah bertengger di meja redaksi dari seminggu yang lalu , review ini dilakukan langsung unboxingnya ya , jadi tanpa melewati tahapan burn in terlebih dahulu , so jika nanti ada peningkatan kualitas setelah beberapa lama pakai , oleh penulis sendiri akan diupdate nanti.

DESIGN
kesan pertama yang ane tangkap dari plattan adalah sporty dan dinamis , modelnya modern dan dengan headband yang lentur berbalut kain , kabel braid juga berbalut kain menciptakan kesan yang nyaman seperti sebuah pakaian bukan alat elektronik , fleksibiltas yang tinggi membuat plattan dapat dilipat sampai seukuran kepalan tangan orang dewasa , dilengkapi dengan mic dan tombol remote buat angkat telepon dan pengaturan fungsi musik. dibekali dengan kemampuan berbagi musik dengan headphone lainya ( zoundplug ) juga menjadi daya tarik tersendiri bagi plattan. modelnya bagus cuman satu kelemahannya yaitu pada unit yang ane dapat , ini sepertinya bagian karet luar lapisan housingnya mudah sekali luntur atau ngelotok , entah karena kurangnya quality control atau karena factor usia juga mengingat sang adik sudah tersedia di pasaran. selain minus tersebut penampilan si plattan perfect dah menilik harganya yang masih dibawah dua ratus ribu.




SOUND
untuk rentang harga dibawah dua ratus ribu , kualitas audio plattan sudah tidak ada lawan ( rentang harga segini penghuninya biasanya headphone kw semua lho ) tapi jangan berharap agan mendapatkan kualitas headphone dua jutaan juga ya he he pokoknya harga memang tak bisa bohong dah . urbanears plattan memiliki karakter suara warm dengan detail yang bagus dan mid yang tebel. separasi alat musik sudah terdengar terpisah dan imaging penempatannya juga sudah benar tapi sayang sound stage yang ane dengar terasa sempit , seperti kita berada di sebuah studio gitu.

low    =  bassnya bulat , tight , cepat tak berekor sehingga cocok buat lagu lagu metal yang memakai double pedal , tapi buat lagu edm juga ok kok
mid    =  suara vokal terasa maju , terutama vokal cewek seperti neng raisa serasa dekat sekali ( jadi pengen cium he he ) midnya tebel terkesan berlebihan dan sedikit kering ( bisa dibasahkan dengan sedikit micin ) serta sedikit harsh , petikan gitar terdengar bagus dan detail.
high   = treble masih ada tapi sedikit rolloff namun masih nyaman kok , bisa diatasi juga dengan micin he he ( punya barang murah harus pandai pandai meracik micin gan he he )
fyi : micin = pengaturan equalizer ( dengan menambah atau mengurangi frekuensi tertentu )

urbanears plattan tergolong headphone allrounder yang fun , sehingga nyaman didengarkan dalam waktu lama dan tidak menyebabkan telinga capek , tapi padsnya yang keras dan tipe on ears lumayan membuat kuping menjadi panas jika dipakai dalam jangka waktu yang lama karena daun telinga terus ditekan oleh padsnya.
untuk sound quality sudah sangat bagus dalam rentang harga yang dimiliki. dan ini cocok buat pecinta audio sebagai headphone perdana untuk menuju ke racun yang lebih tinggi he he .demikian sedikit review dari nubie yang sok tahu ini semoga membantu , dan ingat juga setiap review itu sangat subjektif , karena kuping dan selera kita kadang tak sama he he
salam music mania ...






No comments:

Post a Comment