Tuesday, 6 May 2014

PULSAR SIDE STORY ( SERIGALA YANG TERLUPAKAN )



salam bloggers
keinginan untuk memiliki motor tipe laki jenis sport memang jadi impian ane sejak dulu gan , namun masalah klasik yaitu harga yang tidak bersahabat selalu menjadi batu sandungan yang bikin meringis ,setelah lama ngidam akhirnya ane memutuskan untuk mencari motor sport seken dengan budget 6 - 7 jutaan , maklum gan ane orang pas pasan ,beli motor seken musti nabung dulu he he.
sempat nyari info kesana kemari sampai internet ane ubek ubek semua mencari review ,pilihan jatuh pada 3 jenis motor yaitu : minerva 150r ,thunder 125 dan bajaj pulsar series.
sempat mau ambil thunder 125 seharga 6.5jt tapi keduluan diambil orang , pernah juga cek minerva 150r seharga 6.6jt tapi gak sreg ama barangnya gan , akhirnya pilihan jatuh pada pulsar p200 tapi dengan konsekuensi budget nambah menjadi 9,8jt ( tahun 2010 ) dengan kondisi motor udah variasi , akhirnya dengan bersedih hati ane musti jual motor honda grand kesayangan ane ( black widow ) demi si kuda besi dari India ini gan.
berikut penampakan motor ane gan yang ane beri nama " Jericho "








modifikasi yang didapat : upside down, cakram gede ,spion ninja rr ,spakbor belakang ninja ,rear disk brake dan ban battlax bt 45 gan ,menurut ane dengan harga 9,8jt di tahun itu worth banget dah nih pulsar
inilah sedikit review dari ane gan :
kesan pertama motor pulsar yaitu besar dan berat ( 145kg kosongan + bensin full 15 liter + berat ane 75kg ) cari parkir di tempat sempit agak susah ,namun tampilannya keren abis gan ,suara mesin sangat halus dan modern ( kaya suara motornya robocop ) ,larinya kencang gan ,ane cuman bisa bawa sampai 120kpj nyali dah habis padahal gas masih tersisa ( fyi ,defisiensi odometer pulsar sangat kecil ,120kpj di pulsar bisa jadi 140kpj di motor jepang gan ) bensin irit untuk cc gede gan ane pernah cek sekali dapat 1:30 digunakan di daerah perkotaan yang macet dgn gaya berkendara stop and go , tahun 2013 ane kena racun p220 yang dijual harga miring banget tapi barang bagus akhirnya ane lepas p200 ane seharga 7,5 jt dan naik kelas dengan p220 seharga  8,5 jt .dengan selisih 1 jt ane dapat upgrade cc lagi dikit dan beberapa penyempurnaan di p220 seperti lampu projector dan half fairingnya yang cantik

berikut penampakan p220 ane yang ane beri nama " Achilles "




jujur selama 4 tahun ane make motor pulsar ane puas banget gan , dengan harga relatif murah agan mendapat motor dengan kualitas yang bisa disejajarkan dengan motor jepang sekalipun.

berikut ane jabarkan kelebihan dan kekurangan pulsar p220 yang ane pakai sampai sekarang yang mungkin agan2 belum ketahui :

kelebihan :
- harga murah untuk cc besar ( 220 cc ) dulu barunya 18jtan ,sekarang sekon 8 - 9 jt
- mesin halus ,kencang ,stabil dan irit gan
- tampilan keren dan macho abis model sport touring dgn riding position yang nyaman
- eksklusif banget ( gak pasaran , jarang yang punya sekarang he he )
- system kelistrikan canggih ( dikontrol oleh chip BCU ( body control unit ) di batok kepala ,dengan sensor canggih dibeberapa tempat yang menyampaikan informasi ke bcu kemudian ditampilkan ke lcd ) sensor ada di aki , di blok mesin ,di filter udara dan di tempat oli ,dan akan memberikan tanda kedip pada layar jika terdapat masalah pada komponen tsb. bcu juga akan mengalihkan lampu ke lampu jauh jika lampu bawah tiba tiba putus dijalan.
- digital speedometer yang keren 
- lampu projector yang keren dan sangat terang gan setara dengan kijang inova
- system pendingin oil cooler
- auto off sein ( saat belok lampu sein mati otomatis )
- stang jepit sporty
- dtsi technology ( dipakai honda pada mobil honda jazz ) ,dengan 2 busi menghasilkan pembakaran maksimal dan irit
- knalpot dengan technology TEC & Catalytic Converter semacam tembolok dibawah mesin yang berfungsi meningkatkan torsi di putaran rendah
- suspensi belakang dengan tabung nitrogen yang empuk
- rem cakram depan belakang merk bybre ( by brembo ) yang biasa dipakai  pada motogp gan.
Protection Againt Over Cranking 
Untuk mencegah aki tekor, saat proses starter maksimal tombol starter hanya bisa dipencet 3 kali. Setelah itu hanya bisa dilakukan jika rentang 20 detik, atau kontak di posisi off dahulu.
- autochoke , akan hidup saat mesin dingin
- menggunakan jenis rantai o ring maintenance free ,rantai yang ada sil karet di setiap celahnya dan didalam sil tsb ada pelumas sehingga pelumas terkunci oleh sil didalam ,rantai ini biasanya diterapkan pada motor besar gan.
- kontur ban depan terbalik ,sekali lagi ini biasanya dipakai pada moge dgn tujuan rem jadi lebih pakem karena alur melawan rotasi ban
- dll

kekurangan :
- yatim piatu karena ditinggal oleh dealer bajaj. otomatis part dan service susah.
- gak ada keluaran baru kecuali agan ngimport dari India sana.
- finishing kurang bagus baik itu las lasan dan cat 
- indikator bensin suka ngaco
- tidak ada kick starter kalau mogok start dorong ala rossi he he
- auto off sein kadang keduluan mati karena lalulintas macet dan padat 
- jika bcu bermasalah benar benar bikin susah , karena starter akan mati dan anda akan start layaknya seorang pembalap motogp ( ane pernah kejadian waktu sama p200 )
- harga jual kembali terjun bebas dan jarang dilirik pasar 
- masih dipandang sebelah matakarena bukan brand jepang dan ditinggal dealer ,kesannya kayak motor cina yang habis jualan langsung kabur he he
- banyak yang bilang nanggung karena half fairingnya , tapi bagi ane tetep cantik dan gagah kok mengingat motor ini tipe sport touring jadi bukannya sport murni kayak si ninin.

meskipun ditinggal oleh bajaj auto india seiring tutupnya bajaj auto Indonesia sekarang dah banyak bengkel yang bisa menangani motor bajaj gan , spare part juga banyak yang jual online di dalam komunitas jadi buat para penyemplak pulsar jangan galau dan harus bangga dengan motor yang dimilikinya karena kualitasnya yang  memang tidak diragukan lagi. buktinya kawasaki berani boyong si bungsu p200ns untuk dijual ke tanah air gan ,tau kan gimana quality control motor kawasaki , ini artinya motor pulsar memang punya kualitas yang bagus gan ,cuman entah kenapa bajaj india ragu untuk berinvestasi di tanah air ,ane sendiri belum pernah kepikiran untuk menjual si achilles karena puas banget makenya dan mungkin jika nanti mesinnya mati atau ada masalah yang tidak bisa diatasi akan ane jadikan hiasan di rumah dengan sejuta kenangan he he bravo pulsarian riders....

salam penyemplak pulsar .. keep brotherhood ...





No comments:

Post a Comment